Ferry Baldan: Modal Rp 5-10 M untuk Rekrut Caleg Nasdem Berkualitas

Friday, June 8, 20120 comments

Jakarta Ketua Bappilu Partai Nasdem Ferry Mursyidan Baldan mengungkapkan pemberian modal kampanye Rp 5-10 miliar untuk caleg Nasdem adalah bagian dari strategi partai baru ini. Tujuannya untuk merekrut caleg berkualitas.

"Tentang pemberian biaya Rp 5-10 miliar pembiayaan bagi caleg Partai Nasdem dalam berkampanye, bukan pemberian dalam bentuk cash kepada para caleg. Sesungguhnya rencana seperti itu bukan dalam bentuk pemberian uang semata, tapi itu adalah rangkaian strategi Partai Nasdem untuk bisa merekrut calon-calon berkualitas," kata Ferry kepada detikcom, Sabtu (9/6/2012).

Dalam kajian Partai Nasdem, menurut Ferry, kesan adanya biaya tinggi dan mahalnya untuk menjadi pejabat publik termasuk jadi caleg, telah menjadi rahasia umum. Sehingga hal ini menimbulkan kesan, bahwa tidak mungkin bisa jadi caleg jika tidak memiliki uang miliaran rupiah.

"Kondisi atau penilaian seperti ini sungguh amat memprihatinkan Partai Nasdem, dimana posisi kapabilitas, kualitas, integritas dan modal sosial harus ditempatkan ? Jika itu yang terjadi, semakin menguatkan kesan, bahwa bahwa kursi parlemen bisa dibeli, meski tidak langsung," ungkap Ferry.

Melihat kondisi itu, lanjut Ferry, maka sebagai partai yang mengusung tagline 'Gerakan Perubahan', maka Partai Nasdem melakukan kajian, bahwa pengembalian fungsi parlemen harus dilakukan dengan memulai menempatkan figur-figur yang berkualitas, berintegritas dan berkapabilitas.

"Dalam kaitan itu strategi yang ingin diterapkan adalah dengan melakukan metoda 'talent scotting' untuk mendapatkan figur-figur seperti yang diharapkan," ungkapnya.

Agar Partai Nasdem berhasil mendapatkan figur seperti yang diharapkan, tambah Ferry, maka Partai Nasdem merasa punya tanggung jawab untuk membantu figur yang berkapasitas. Dan jika, dalam kegiatan tersebut ada biaya yang dibutuhkan, maka Partai Nasdem tidak akan membiarkan caleg-caleg tersebut kekurangan biaya.

"Jadi strateginya adalah, dalam rangka memaknai 'gerakan perubahan' dengan melakukan langkah yang menjauhkan proses rekruitmen dari praktek transaksional. Ini menjadi upaya Partai Nasdem untuk melakukan sumbangsih bagi perbaikan negeri. Karena jikapun diberikan biaya Rp 5-10 miliar, atau berapa besarpun, tidak akan menghasilkan perbaikan dan perubahan, jika besaran itu dimaknai sekedar sebagai 'kebaikan' partai pada caleg," kilahnya.

"Malah bisa saja, besarnya dana tersebut, mendatangkan pikiran lain. Atau jika besaran dana ansich, bukankah akan mendatangkan keraguan baru ? Karena sejatinya rakyat butuh integritas, kualitas dan kapabilitas untuk perbaiki negeri ini. Jadi semangat yang disampaikan oleh Partai Nasdem adalah ingin mengisi lembaga perwakilan dengan figur-figur yang berkualitas dan berintegritas, sebagai bagaian dr strategi benahi negeri," tandasnya.
Share this article :

Detik .com

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Partai Nasdem - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template